0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

Joomla merupakan salah satu free CMS (Content Management System) dan juga open source. Saat ini, Joomla menempati urutan rating nomor dua paling banyak dipakai setelah WordPress. Fakta dibuktikan dari data tahun 2016, dimana jumlah Joomla download sudah dilakukan lebih dari 80 juta. Angka tersebut tentunya dihitung secara global berdasarkan jumlah pengguna yang ada di seluruh dunia.

Secara umum, Joomla ini terdiri atas 3 elemen dasar, yang melingkupi: Server, script PHP, serta MySQL. Server ini terhubung langsung dengan jaringan internet maupun intranet yang memiliki fungsi penting untuk menyediakan service pada situs. Sedangkan script PHP merupakan kode bahasa program yang saling berkaitan dengan MySQL sebagai database untuk penyimpanan konten.

kelebihan dari Joomla

  1. Sudah tersedia ribuan plugin
    Salah satu kelebihan Joomla yang paling menggiurkan adalah karena CMS ini mempunyai ribuan plugin. Tentu fasilitas tersebut dijamin bisa membantu membuat tampilan website terlihat lebih apik. Dengan banyaknya options yang dimiliki, sudah pasti menjadi sebuah keunggulan tersendiri bagi pengguna. Anda tinggal mencari di database saja plugin yang diinginkan.
  2. Konten mudah untuk diedit
    Joomla memiliki fitur yang dapat membuat proses mengedit konten menjadi lebih mudah dilakukan. Jadi, bagi pemula pasti akan sangat membantu sekali. Anda dapat mengelola, melakukan editing, menambah, hingga menghapus konten dalam website dengan mudah. Bisa dikatakan, tidak jauh berbeda dengan proses edit menggunakan Ms Word.
  3. Keamanan sangat up to date
    Jika berbicara mengenai keamanan, maka Joomla adalah juaranya. Detiap kali versi yang baru dirilis, maka akan diikuti dengan update sistem keamanan. Tentunya hal ini sangat berdampak pada kinerja website. Dan pastinya juga supaya situs Anda tidak dapat di akses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan dapat membuat pengguna merasa rugi.
  4. Tersedia dwi bahasa
    CMS yang dilengkapi dengan fitur dwi bahasa. Hal tersebut tentu memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Selain dapat memudahkan dalam pengaturan hal yang penting, website yang mengusung multibahasa juga akan mendapatkan traffic lebih banyak. Dengan kata lain, reputasi website tersebut juga meningkat.
  5. SEO built In
    SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu aspek paling penting pada website. Mengerti akan kebutuhan pengguna, Joomla menyediakan fitur ini dalam CMS-nya. Fungsi SEO yang tersedia dalam Joomla melingkupi; Meta title and description, meta keywords, dan sebagainya. Jadi, pemilik website bisa mengerjakan seluruh proses mencari keyword mandiri.

Kekurangan Joomla

  1. Fasilitas multisite tidak tersedia pada joomla
  2. Keterbatasan sebuah ACL (access control list)
  3. Kurangnya chache memory yang disediakan.
  4. Tidak adanya fasilitas tracker
  5. Jarang dalam urutan pertama dalam search engine

Demikian pembahasan mengenai salah satu CMS yang sangat populer yaitu Joomla, semoga bisa menambah wawasan kitadan terima kasih telah mengunjungi blog saya

 

About Post Author

admin

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

By admin